Merkuri Pada Kosmetik

Merkuri Pada Kosmetik

Bahayanya Merkuri Pada Kosmetik


Kosmetik identik dengan cantik, bersih, dan terawat. Produk ini digunakan sehari-hari oleh semua kelompok umur mulai dari bayi hingga orang tua, baik pria maupun wanita. Kosmetik didefinisikan sebagai bahan atau sediaan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia. Contoh kosmetik antara lain shampo, pasta gigi, sabun, lipstik, bedak, parfum dan lain-lain. Oleh karena itu, berdasarkan pengertian ini penggunaan kosmetik tidak ditujukan untuk menyembuhkan suatu penyakit pada tubuh.

Disamping kosmetik merupakan hal wajib bagi sebagian masyarakat dan makanya harus sangat di perhatikan keamanan dan penggunaan serta penyebaran kosmetik aman dari zat-zat kimia berbahaya di antaranya zat kimia Merkuri.

Penggunaan merkuri sebagai bahan dasar dan campuran dalam kosmetik dapat dikatakan cukup populer. Hal ini karena merkuri mampu menghambat pembentukan melanin, sehingga kulit jadi tampak lebih putih, mulus dan bebas jerawat dalam waktu yang relatif singkat.

Padahal, sesungguhnya merkuri sangat membahayakan bagi kesehatan kulit dan diri pemakainya. Bisa menimbulkan iritasi ringan hingga kerusakan yang parah di kulit dan organ-organ dalam kita. Maka ada baiknya untuk kita menghindari produk-produk kosmetik bermerkuri.

Pada umumnya, merkuri dimanfaatkan untuk bahan pemutih. Beberapa jenis produk kosmetik yang dimaksud bisa berupa sabun, skincare, krim anti aging dan pemutih yang digunakan siang serta malam hari.

Akan tetapi penggunaan merkuri sebenarnya tidak benar-benar dilarang. Sebelumnya, Kepala Badan Pom menyebutkan dua jenis merkuri yang diperbolehkan untuk digunakan. Itu pun dalam kadar yang sangat kecil, yakni sekitar 0,007%.

Pemakaiannya juga tidak boleh sembarangan, dua jenis merkuri tersebut hanya digunakan untuk produk tata rias mata dan pembersih tata rias mata. Pemakaian di luar dan melebihi aturan itu dianggap sebagai penyalahgunaan. Produknya pun akhirnya akan dilarang untuk diedarkan.

Meski sangat berbahaya, tak sedikit dari kosmetik yang mengandung merkuri tersebut dijual sembarangan di toko-toko kosmetik, secara online dan melalui tenaga pemasaran lepas. Untuk orang yang cukup awam dengan bahaya kosmetik bermerkuri, pasti mereka tidak akan begitu memperhatikan atau mempedulikan kandungan kosmetik yang dibeli.

Jadi kita sebagai pengguna kosmetik harus lebih bijak dan lebih hati2 menggunakan kosmetik yang aman dan terbebas dari kandungan Zat kimia berbahaya.

Di antara efek samping pengguanaan kosmetik yang bermerkuri yaitu : 

  • Menyebabkan Kerusakan pada Sistem Pencernaan, Saraf, dan Ginjal
  • Ganguan pada berbagai organ tubuh
  • Menyebabkan Berkurangnya Fungsi Otak
  • Dapat Memperlambat Pertumbuhan Janin
  • Membuat Kulit Semakin Pucat dan Timbul Flek
  • Iritasi Kulit
  • Kanker Kulit
  • Bahaya untuk Anak-anak



Sumber Lepasan dan Emisi Merkuri